t

Jumat, 12 Juli 2013

Paguyuban Perantau Pemalang

  • VISI DAN MISI PAGUYUBAN PERANTAU PEMALANG



    VISI Paguyuban Perantau Pemalang adalah:

    Menjalin dan mempererat jalinan tali silaturahmi antar warga Pemalang yang merantau di seluruh wilayah Indonesia maupun yang berada di manca negara sehingga menumbuhkan kecintaan terhadap tanah kelahiran tercinta untuk mewujudkan rasa ikhlas dalam berkarya menuju Pemalang yang berjaya.

    Misi Paguyuban Perantau Pemalang adalah:

    1. Memberikan informasi akan peluang tenaga kerja bagi anggota Paguyuban Perantau Pemalang pada khususnya dan warga Pemalang pada umumnya.
    2. Saling membantu dan tolong-menolong sesama warga perantau Pemalang di manapun berada.
    3. Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia ( SDM )para anggota dengan menggulirkan program-program yang telah dicanangkan.
    4. Mensejahterakan anggota dengan berbasis kepada pengembangan ekonomi kerakyatan.
    5. Ikut berperan aktif mempromosikan kabupaten Pemalang dengan segala keunggulannya dan ikut berpartisipasi dalam pembangunan kabupaten Pemalang.

    PROGRAM KERJA PAGUYUBAN PERANTAU PEMALANG ( PTHREE )



    Berawal dari sebuah situs jejaring sosial kita di pertemukan,berawal dari sekedar iseng kita bergabung,berawal dari facebook kita menjalin persaudaraan dan silaturahmi…dari hanya sekedar kasih jempol,tulis komentar,bikin status…akhirnya kita menjadi sebuah keluarga besar yang bernama PAGUYUBAN PERANTAU PEMALANG ( P-THREE ),komunitas warga Pemalang yang ada di perantauan,dari sabang sampai merauke,hingga merambah sampai mancanegara…



    Tidak terlintas sebelumnya dan sungguh di luar dugaan ternyata respon dan antusiasme anggota P- THREE begitu luar biasanya,hingga ide KOPDAR ( Kopi Darat ) pun bergulir,dan alhamdulillah P-THREE telah mengadakan acara KOPDAR pertama tgl 20 Juni 2010 di Monas ( sekaligus di tetapkan sebagai hari lahir P-THREE ) dan KOPDAR kedua tgl 15 Agustus 2010 di masjid Istiqlal dengan sukses.Di dasari niat dan keinginan yang sama,sama sama ingin berbagi,sama sama ingin mempererat tali persaudaraan…gagasan KOPDAR ketigapun di gulirkan,kali ini bertempat di kampung halaman sendiri tepatnya di Camping Sight Sikucing,Banyumudal,Moga,Pemal
    ang tgl 13 September 2010…lantas apa yang membedakan KOPDAR kali ini dengan KOPDAR KOPDAR P-THREE sebelumnya????....


    KOPDAR kali ini akan kita jadikan momentum untuk tonggak awal untuk menjadikan P-THREE menjadi organisasi modern,punya visi dan misi yang jelas,punya program kerja jangka pendek dan jangka panjang,hingga P-THREE mampu berkarya nyata dan ikut berpartisipasi aktif dalam membangun Pemalang,kampung halaman yang sangat kita cintai hingga kabupaten Pemalang mampu berdaya saing dan tidak ketinggalan dengan daerah daerah lain di sekitarnya.Kita sebagai warga Pemalang yang ada di perantauan punya kewajiban moral untuk memperjuangkan agar Pemalang mampu eksis dan tidak di pandang sebelah mata oleh daerah lain,kita yakin kita mampu,kita punya SDM berkualitas di tataran daerah maupun nasional,syaratnya kita harus kompak,harus bersatu,apapun golongannya,apapun profesinya,apapun status sosialnya,jadikan P-THREE sebagai rumah kita bersama….rumah yang menaungi semua anggotanya dengan aman dan tentram…cukup sandang, cukup pangan…insya Allah…


    Di dasari dari banyaknya masukan,kritikan dan saran dari anggota yang tersebar di seantero nusantara bahkan hingga manca negara,kami yang tergabung dalam TIM PERUMUS merasa perlu untuk merumuskan sebuah ide dan gagasan yang kita namakan VISI P-THREE MENUJU 2020 sebuah program jangka pendek dan jangka panjang yang insya Allah pada tahun 2020 P-THREE akan menjadi organisasi komunitas yang mampu berkiprah dengan karya nyatanya dalam segala bidang dan mampu memberi banyak manfaat bagi masyarakat kabupaten Pemalang .


    PROGRAM JANGKA PENDEK (1-2 tahun)



    1. Pendataan anggota yang aktif, yang mampu mendukung program kerja P-THREE ke depan baik moril maupun materil (dana dan tenaga).

    2. Pembentukan kepengurusan yang lebih solid,yang mampu bekerja dengan profesional,bertanggung jawab,amanah,jujur,punya kapasitas dan kapabilitas,dan punya loyalitas yang tinggi terhadap organisasi dan mau bekerja keras untuk memajukan organisasi.

    3. Penyusunan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga ( AD/ART ) organisasi,dan menjadikan P-THREE sebagai organisasi resmi yang berbadan hukum,legal formal,dan memiliki kantor di Jakarta sebagai kantor pusat dan di Pemalang sebagai kantor cabang.

    4. Pendanaan operasional organisasi dan Pengadaan KOPDAR . Pembuatan KTA (Kartu Tanda Anggota) bagi anggota P-THREE untuk lebih memudahkan administrasi dan untuk keperluan data base anggota.
    6. Pembuatan seragam susulan bagi anggota yang belum memiliki seragam dan pembuatan atribut organisasi lainnya.


    PROGRAM JANGKA PANJANG:



    A. PROGRAM KERJA LIMA TAHUN (PROKERTA) pertama (2010-2015).
    1.Perekrutan anggota bukan hanya di dunia maya ( Facebook ) tapi dunia nyata,tiap anggota yang sekarang aktif di harapkan mampu menularkan virus P-THREE agar setiap warga Pemalang di perantauan mau bergabung dengan P-THREE dengan di beri penjelasan dan informasi yang jelas.Sasarannya siapa saja,di mana saja,apapun profesinya,yang penting orang Pemalang.Untuk lebih punya akselerasi yang lebih cepat kami punya program khusus yang di namakan “sweeping”, sweeping bukan dalam artian negatif tapi dalam artian yang positif yaitu mencari,,mendata,mengajak dan mensurvei tempat tempat/daerah daerah di mana banyak warga Pemalang berdomisili.



    1. Program PROKERTA pertama bisa berhasil dengan sukses apabila semua pengurus dan anggota mau bekerja keras mensosialisasikan P3 kepada warga Pemalang di manapun anda berada dan mengajak bergabung menjadi anggota P3.Sebagai contoh hingga sampai saat ini anggota yang tergabung dalam P3 berjumlah sekitar 1200 anggota,seandainya semuanya aktif dan mampu menyumbang Rp 10.000/bulan maka P3 akan memiliki sumber dana sebesar Rp. 12.000.000/bulan,apabila di kalikan 12 bulan maka P3 akan memiliki sumber dana sebesar Rp 144.000.000/tahun,maka dalam 5 tahun pertama akan terkumpul dana sebesar Rp.720.000.000,dana sebesar itu insya allah bisa di gunakan untuk :

    1. Membentuk KOPERASI atau badan usaha milik organisasi,sentra sentra UKM yang akan di bantu baik permodalan maupun marketingnya oleh organisasi ( sudah berjalan )

    2. Memfasilitasi lowongan pekerjaan dengan mengadakan kerja sama dengan pihak lain,membentuk yayasan dengan mengadakan pelatihan dan work shop untuk meningkatkan skill dan kemampuan anggota agar mampu bersaing dalam persaingan dunia tenaga kerja.

    3. Membuat pusat pusat pendidikan mandiri,memfasilitasi agar semua anggota bisa meningkatkan jenjang pendidikannya(Paket A,B,dan C),membuka tempat tempat kursus (Komputer,bahasa Inggris,masak,sablon/percetaka

    n,dll),dan membuat program beasiswa bagi anggota atau keluarga anggota yang memiliki prestasi tapi mempunyai kendala dalam biaya.
    4. Memfasilitasi sarana dan prasarana bagi anggota yang mempunyai minat dan bakat dalam bidang olah raga,seni budaya,dan bidang lainnya yang mampu mengharumkan nama Pemalang di kancah nasional maupun internasional.5. Membuat dan memfasilitasi badan badan lainnya di bawah P3 sesuai perkembangan yang ada.


    1. B. PROGRAM KERJA LIMA TAHUN (PROKERTA) kedua (2016-2020).


    Untuk mencapai kepada tahapan ini kuncinya PROKERTA pertama harus sukses terlebih dahulu, yaitu program perekrutan anggota baru,karena dengan bertambahnya anggota maka sumber dana organisasipun akan meningkat,kami yakin menurut perhitungan kasar kami warga Pemalang di perantauan berjumlah lebih dari sepuluh ribu orang,katakanlah target kita 10.000 orang,maka anggaran dana yang akan masuk ke organisasi Rp 10.000 X 10.000 orang X12 bulan X5 tahun=Rp.6.000.000.000 (6 milyard rupiah) sebuah nominal yang tidak sedikit,belum lagi di tambah dengan penghasilan dari pengembangan badan badan usaha milik organisasi dan kerja sama dengan pihak PEMDA maupun swasta, maka tidaklah berlebihan jika kami mencanangkan 10 tahun ke depan PAGUYUBAN PERANTAU PEMALANG akan membangun:



    1. Sekolah gratis bagi warga Pemalang,baik tingkat SD/MI,SMP/MTS,SMU/SMK,bila perlu kita kembangkan lagi ke Universitas atau Akademi.

    2. Tempat pengobatan gratis bagi warga tidak mampu dan tetap membebankan biaya bagi yang mampu dengan sistem subsidi silang (yang mampu membantu yang tidak mampu),berupa: Rumah Sakit,Klinik,Tempat Bersalin,Apotek,dan sebagainya.

    3. Membantu pembangunan tempat ibadah, yayasan yatim piatu dan fakir miskin.

    4. Membangun sebuah perusahaan Agrobisnis yang mampu menampung tenaga kerja dalam jumlah besar sekaligus untuk mengembangkan sektor pertanian yang modern.
    5. Dan pengembangan pengembangan program lainnya yang di butuhkan masyarakat Pemalang.


    Program program yang telah kami jabarkan di atas itu adalah sebuah konsep,konsep dan gagasan akan menjadi benda mati tak berguna jika tidak di wujudkan dengan amal dan perbuatan,dan amal perbuatan itu adalah amal perbuatan kita semua.Jangan merasa minder jadi wong Pemalang,jangan merasa malu jadi wong Pemalang,tunjukan kebanggaan kita sebagai warga Pemalang di manapun,di belahan bumi manapun kita harus bangga menjadi wong Pemalang.Kini saatnya kita tunjukan,bahwa kita mampu berkarya nyata, bulatkan tekad dan satukan visi kita demi terwujudnya Pemalang yang berjaya, semoga Allah SWT meridloi dan memudahkan segala urusan kita bersama yang sedang bertekad membangun Pemalang ke arah yang lebih baik lagi.


    MOTTO : “IKHLAS BERKARYA PEMALANG BERJAYA”

0 komentar:

Posting Komentar

Site Search