t

Jumat, 12 Juli 2013

Kristina Iswandari

Kristina Iswandari kelahiran Pemalang, Jawa Tengah, 8 Mei 1976 silam ini adalah seorang penyanyi dangdut Indonesia. Karena sering berpenampilan dan berwajah mirip Krisdayanti, julukan Krisdayanti Dangdut ("KD") pun disandangnya. Menyanyi sudah menjadi darah bagi Kristina. Sejak kecil, penyantap sop buntut ini sudah sering menyanyi. Bahkan, ia akan langsung berhenti menangis jika disuruh menyanyi. Makanya, saat masih berusia 12 tahun, putri ke-5 pasangan Bowo Sukisno dan Dariyah ini sudah naik panggung.

Setelah lulus sekolah SMA PGRI 1 Pemalang, Jawa Tengah, ia mengikuti orang tuanya hijrah ke Jakarta. Meski lebih fasih bernyanyi lagu pop dan rock, namun tawaran yang datang adalah bernyanyi lagu dangdut. Kristina yang tidak bisa nyanyi dangdut, akhirnya berinisiatif untuk belajar cengkok.

Wanita berdarah Betawi-Batak ini kemudian masuk dapur rekaman tahun 1998 silam. Setahun kemudian, ia kembali meluncurkan album. Album keduanya ini mendapat respon yang sangat bagus dari masyarakat. Bahkan, disebut-sebut, jika album Jatuh Bangun tersebut mencapai angka penjualan hingga ratusan ribu kopi.

Meski telah sukses menjadi salah satu penyanyi dangdut papan atas Tanah air, tidak lantas membuat pemilik nama lengkap Kristina Iswandari ini alergi untuk mencoba hal baru. Ia sempat bermain dalam sinetron dan juga film layar lebar. Hal ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi wanita yang kerap disebut KD atau Kristina Dangdut ini.

Mungil, pendiam, dan bersuara cempreng. Itulah Kristina Iswandari. Saat sang Ibu mengarahkan kakaknya menjadi seorang penyanyi, justru Kristina yang meraih kesempatan.

Kristina adalah istri dari anggota DPR-RI dan pengurus partai PPP (Partai Persatuan Pembangunan), Al Amin Nur Nasution, yang menikahinya pada 4 Januari 2007 lalu. Kabarnya, perkawinan mereka tidak sepenuhnya mendapat restu dari kedua orang tua Kristina, Bowo Sukiswo dan Dariah.

Belakangan ini, kita memang sudah jarang melihat aksi panggung pengidola Elvy Sekaesih ini. Tampaknya Kristina memang sengaja mengurangi aktivitas menyanyinya setelah menikah awal Januari tahun itu. Apakah Nyonya Amien Nasution ini akan benar-benar mundur dari dunia keartisan yang telah membesarkan namanya, hanya waktu yang akan menjawabnya.

Selain itu, pasangan yang dipertemukan oleh penyanyi Emilia Contessa ini, juga digosipkan mendapat larangan menyanyi dari suaminya. Sehingga keseharian Kristinabanyak diisi dengan kegiatan sebagai ibu rumah tangga dan aktivitas sosialnya yang selama ini telah digelutinya. Padahal perempuan yang pernah diisukan dekat dengan Icha Jikustik, Saiful Jamil dan Ivan Zay itu, sebelumnya seorang penyanyi dangdut yang banyak menerima job ke luar kota. Selain juga pernah membintangi film BE HAPPY DI PINGGIR KALI bersama Agus Kuncoro.

Pada tanggal 9 April 2008, Al Amin ditangkap oleh KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) dengan tuduhan menerima suap dari Sekretaris Daerah Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau di Ritz Carlton Hotel Jakarta.

Tanggal 9 Juli 2008, untuk kedua kalinya, Kristina memasukkan gugatan cerainya terhadap Al Amin. Sebelumnya, tanggal 29 Juni 2007, enam bulan setelah menikah, Kristina mendaftarkan gugatan cerainya ke Pengadilan Agama Jakarta Selatan. Namun akhirnya di bulan November 2007, keduanya sepakat damai dengan beberapa syarat yang diajukan oleh pihak Kristina.

Namun ternyata perdamaian antara Al Amin dan Kristina tidak berjalan mulus. Kristina kembali menggugat cerai suaminya, Al Amin. Proses persidangan cerai ini pun sempat tersendat-sendat, karena Al Amin bersikukuh untuk tetap mempertahankan mahligai perkawinannya bersama diva dangdut ini.

Awal Januari 2009, perkara dugaan korupsi yang dilakukan oleh Al Amin diputuskan. Suami Kristina ini dinyatakan bersalah dan divonis delapan tahun penjara. Dengan vonis ini, Kristina semakin mantap untuk bercerai dari Al Amin.

22 Januari 2009, gugatan cerai penyanyi yang pernah dengan duet grup band baru D'5 ini ditolak oleh Pengadilan Agama Jakarta Selatan. Saat ini Kristina berusaha untuk mengajukan banding atas kasus perceraiannya ini.

Akhirnya setelah menunggu selama beberapa bulan, Kristina bisa bernafas lega. Banding yang ia ajukan terkait perceraiannya telah mendapat keputusan. Berdasarkan putusan PA Jakarta Selatan, banding Kristina diterima dan dinyatakan resmi bercerai dari Al Amin Nasution.

Kristina sempet membintangi beberapa iklan, seperti BRI Simpedes, Contrex, Formula, Trust, Marimas, dan Obat Batuk Sari.


0 komentar:

Posting Komentar

Site Search